Musisi Weird Genius perlu berbangga hati. Racikan hebatnya dibalik nomor paten Lathi berhasil memecahkan rekor di Spotify Indonesia, sebagai lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama.

Lagu hasil kolaborasi bersama Sara Fajiran itu bertahan selama enam minggu sejak 10 Mei 2020. Pencapaian Lathi mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Hindia lewat lagu Secukupnya, yang berada di puncak tangga lagu selama empat pekan pada awal tahun ini.

Lagu “Lathi” sendiri dirilis pada akhir Februari 2020, lagu tersebut pun meraih popularitas dengan perlahan tapi pasti.

Data Spotify menunjukkan bahwa popularitas rilisan akhir Februari itu mulai naik sepanjang Maret dan April, yakni saat lagu tersebut masuk dalam sejumlah daftar putar, playlist, lokal populer seperti Lantai Dansa dan Top Hits Indonesia hingga berhasil menduduki peringkat jawara di tangga lagu Indonesia Top 50 pada 10 Mei.

Popularitas Lathi pun melampaui jarak dan menembus batasan budaya. Lagu ini berhasil memasuki sejumlah tangga lagu di negara lain, mulai dari Singapura, Malaysia, Hong Kong, hingga Taiwan.

Single tersebut bahkan masuk dalam jajaran Global Viral 50 Spotify dan bisa bertahan hingga menduduki peringkat kedua. Puncaknya, “Lathi” masuk di salah satu playlist global terpanas milik Spotify, Teen Party yang sampai saat ini memiliki lebih dari 3 juta pengikut di seluruh dunia. (Mycroft / foto : ig @weird.genius)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here