Film terbitan Walt Disney Pictures, Raya and the Last Dragon, segera dirilis dalam waktu dekat. Untuk merayakan film pertama garapan langsung Walt Disney Animation Studios ini, 4 penyanyi terkenal di kawasan Asia Tenggara, berkolaborasi.

Adalah Raisa (Indonesia), Matthaios (Filipina), Sprite (Thailand) dan Yonnyboi (Malaysia) yang berkolaborasi dalam sebuah lagu spesial berjudul Trust Again. Sebuah lagu yang terinspirasi dari keberagaman budaya Asia Tenggara.  

Raisa yang terlibat didalamnya merasa sangat bangga akan kerjasamanya dengan Disney’s. Apalagi proyek musikal ini menghadirkan musisi dari beberapa negara dengan latar yang berbeda genre dengan dirinya.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi saya untuk menjadi bagian kolaborasi spesial dari Disney Southeast Asia. Lagu ini merupakan sebuah karya spesial yang memberikan pengalaman unik untuk saya, karena dapat berkolaborasi dengan musisi dari beberapa negara dengan latar genre yang berbeda. Sama seperti nilai dalam film ini, lagu Trust Again membuktikan bahwa persatuan dalam perbedaan mampu menciptakan keharmonisan,” ungkap Raisa dalam sebuah sesi wawancara dengan awak media baru-baru ini.

Trust Again diciptakan oleh Timothy Tatsuro Tsuhimi ini, mengangkat nilai-nilai kepercayaan dan persahabatan dalam kehidupan. Nilai itu pun yang menjadi pesan utama dalam film Raya and the Last Dragon. Dimana esensinya mengangkat perihal perayaan akan keanekaragaman budaya di wilayah Asia Tenggara.

Yang menarik, lagu ini juga mengandung unsur instrumen musik etnik yang diadopsi dari Asia Tenggara. Sebut aja seperti Seruling, Perkusi Etnik, Jaw Harp, Angklung, Ensemble Thailand, Gamelan dan Suling Sunda. Dan lagu ini pun mendapat sentuhan special dari pemenang Grammy Award, Chris Athens sebagi Mastering Engineer. Alhasil, lagu ini nggak diragukan menjadi sebuah penggerak atas tema yang bersifat universal yaitu kepercayaan.

foto : dok.universal music indonesia

Kolaborasi musik multi-teritori ini merupakan pertama dalam jenisnya di wilayah ini, dan menjadi sebuah pencapaian penting dalam komitmen Disney untuk terus berkolaborasi dengan talenta-talenta lokal berbakat untuk menghadirkan konten hiburan berkualitas bagi penonton di Asia Tenggara.

Beberapa element berciri dari masing-masing talenta pun ditonjolkan di lagu Trust Again. Fans Raisa dapat mendengarkan suara indah idolanya dalam chorus. Selain itu, deretan elemen-elemen budaya Asia Tenggara lainnya juga hadir dalam lagu ini melalui lirik dan melodi.

Ada Yonnyboii yang mampu mengaitkan makanan seperti “satay dan nasi lemak” di verse pertama. Kemudian Matthaios, dalam bahasa Tagalog menyebutkan “aku adalah sekutumu seperti Aris” senjata asal Filipina yang digunakan oleh Raya. Kemudian SPRITE, dengan penuh perasaan pada verse terakhir menyebut Tuk Tuk, moda transportasi populer di Thailand yang juga nama salah satu karakter dalam filmnya.   

“Sangat senang menjadi bagian dari proyek ini! Disney selalu memiliki tempat istimewa di hati saya dan fakta bahwa ini adalah lagu orisinal untuk Perempuan Asia Tenggara pertama membuat saya sangat bahagia! “Trust Again” dirilis pada 12 Maret,” tutup Raisa. (Ryka / foto : dok.umusic)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here