Penyanyi pop legendaris tanah air, Chrisye ternyata masih memiliki sebuah karya musikal yang belum pernah dirilis oleh Musica Studios, pihak perusahan rekaman dimana sang maestro bernaung.  Karya itu berupa lagu berjudul Rindu Ini, yang diciptakan oleh Tito Soemarsono dan Cecep serta diaransemen oleh Dwiki Darmawan sekitar tahun 1992.

Indrawati Widjaja selaku Executive Producer Musica Studios menceritakan bahwa lagu yang tersimpan ini bukanlah sebuah kesengajaan atau tak terpakai. Melainkan memang sebuah karya yang tersimpan dengan baik. 

“Jadi pada waktu itu, biasanya lagu jagoan itu ada 2-3 lagu. Setelah dipilih, lebihnya akan disimpan untuk next album. Mas Chrisye sangat peka mana yang cocok dan tidak cocok lagu buat dia. Bisa dibilang lagu itu murni tersimpan untuk next album,” jelas wanita yang akrab disapa Bu Acin ini saat acara Virtual Press Conference bareng awak media, Senin (28/9).

“Nah, ide baru muncul kadang merubah plan awalnya. Akhirnya lagu yang tersimpan benar-benar tersimpan. Dan akhirnya kita rilis hari ini,” sambungnya.

Lagu ciptaan Tito Soemarsono dan Cecep ini berkisah tentang seseorang yang jatuh hati terhadap pasangannya. Terdapat kerinduan yang tersimpan. Meskipun ada cerita sedih di masa lalu, namun dia tetap tulus mencintai sang kekasih kelak hingga akhir hayatnya nanti.

Tito Soemarsono, musisi yang hits lewat lagu Untukmu ini nyaris lupa dengan lagu buatannya andai Musica Studios nggak mengingatkannya.

“Saya mengucap syukur, eh, kok masih ada lagu saya belum edar. Waktu dikasih tahu Musica, saya coba mencerna karakter melodinya. Dan saya ingat setelah diperdengarkan kembali. Hampir saja nggak inget karena sudah 28 tahun,” papar Tito Soemarsono.

Pendapat serupa muncul saat  sang arranger lagu Rindu ini, Dwiki Dharmawan mengenang proses kreatifnya bersama almarhum. Menurut suami Ita Purnamasari ini, lagu buatannya banyak menggunakan teknologi keluaran 90-an yang hasilnya cukup modern. Bahkan, Chrisye pernah menyuruh Dwiki untuk mainkan solo keyboard-nya di lagu tersebut.  

“Saat dikasih denger lagunya, baru ingat kalo ini aransemen saya. Bangga sekali rasanya terlibat bersama dua senior saya. Ini sejarah! Karena Mas Chrisye sendiri yang meminta saya untuk mengisi solo keyboard di lagu itu. Patut sekali saya syukuri bisa terlibat,” ungkap Dwiki.

Hadirnya karya terbaru penyanyi yang wafat 13 tahun silam ini tentu menjadi kabar bahagia bagi seluruh penikmat musik. Pasalnya, kerinduan akan karya Chrisye terkini akhirnya terbayarkan dengan hadirnya lagu yang belum pernah dirilis ini.

Seperti diketahui, pemilik nama lahir Christian Rahadi lahir di Jakarta, 16 September 1949 dan meninggal 30 Maret 2007 pada usia 57 tahun. Sejak direkrut Musica Studio sekitar tahun 1978 hingga akhir hayatnya, Chrisye melahirkan banyak karya, berkolaborasi dengan banyak musisi dan tentu saja memperoleh banyak prestasi. Salah satunya meraih Lifetime Achievement  Award dari Anugerah Musik Indonesia tahun 2005. (Ryka / foto : Musica Studios) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here