Penyanyi legendaris Iwan Fals merilis kembali sebuah lagu berjudul Aji Mumpung. Bukan lagu baru, tapi lagu daur ulang yang sekitar tahun 80-an pernah menjadi hits di skena musik lokal.

Lagu ini diciptakan 36 tahun lalu oleh Guruh Sukarno Putra (GSP) ini, pernah dibawakan oleh Vina Panduwinata. Ceritanya tentang kondisi zaman dimana orang banyak yang mengabaikan kejujuran demi mendapat keuntungan. Nuansa musiknya pop dalam framing beat yang danceable.

Dan ketika dihadirkan kembali, lagu ini jadi beda banget. Versinya jelas lebih modern dan fresh. Suara Iwan Fals yang berciri, melebur menjadi komposisi yang harmonis saat lagu Aji Mumpung juga dibawakan bersama oleh vokalis Nidji, Ubay.

Dibalik modernisasi lagu Aji Mumpung, ada Ariel ‘Nidji’ dan Oni Krisnerwinto yang didaulat sebagai produser musiknya. Keduanya didukung pula oleh Dea Ananda (backing vokal), Randy (synthesizer) dan Andro ‘Nidji’ (bass).

Berumur 1 tahun bersama Nidji, Ubay jelas girang bukan kepalang dapat proyek musikal ini.  Nyanyi bareng Iwan Fals dan bawain lagu milik legenda pula.

“Wah, sangat senang sekali. Ini kesempatan saya yang luar biasa di awal tahun ini. Ini adalah lagu yang everlasting bagi saya, bahkan untuk kedepannya nanti. Seru  banget,” ungkapnya saat ngobrol bareng sejumalah teman media, dalam virtual gathering, Rabu (8/4).

Menurut Iwan Fals, dirlisnya lagu Aji Mumpung saat ini, cukup punya korelasi yang sama dengan kehidupan sekarang. Hal ini pula yang mendasarinya mau membawakan kembali lagu Aji Mumpung.

“Sebuah lagu lama, cerita lama tapi kekinian, dan masih ada korelasinya dengan kehidupan sekarang yang susah sekali menemukan orang jujur. Saya merasa ini cerita yang berulang 36 tahun lalu,” ungkap pelantun tembang Bento ini.

Bahkan ketika mendengar bakal mendaur ulang lagu Aji Mumpung milik GSP, imajinasinya langsung liar. Imajinasi tersebut berupa video klip yang syutingnya di lakukan di Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Ya ketika dikasih tahu akan bawakan lagu ini, imajinasi saya langsung liar. Salah satunya ide bikin kllip di Wae Rebo. Naluri dan intuisi semacam ada dorongan dari dalam untuk pergi ke sana,” tegasnya.

“Kenapa? Karena alam sudah menyiapkan semuanya dan saya mau mencari orang jujur. Dan saya merasa orang Wae Rebo adalah penjaga alam, orangnya jujur-jujur,” tandasnya.

Lagu Aji Mumpung rencananya akan masuk dalam album persembahan untuk Guruh Sukarno Putra yang diberi judul Puspa Ragam Guruh Sukarnoputra. Album tersebut juga menghadirkan beberapa musisi lainnya seperti NOAH, D’Masiv, Vidi Aldiano, Sheryl, Afgan, Kahitna, Geisha, Giring, dan Maizura yang membawakan karya Guruh Sukarno Putra. (Ryka / foto : dok.Musica Studio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here