Pandemi covid-19 menghantam sektor industri musik, yang hingga kini nggak bisa menggelar acara atau panggung off air untuk wadah para musisi dalam menampilkan karyanya dan juga mencari jantung pemasukan mereka.

Sampai akhirnya, industri musik Indonesia lewat promotor, kru, hingga musisi menyampaikan surat terbuka disebar dan diuggah ke instagram beberapa waktu lalu, Surat terbuka itu ditujukan untuk Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Isi surat terbuka tersebut adalah promotor, kru, hingga musisi meminta Joko Widodo mencabut larangan acara musik, agar mereka bisa mencari uang guna menafkahi keluarga dan bertahan hidup.

Para promotor, kru, hingga musisi pun sampai berjanji, bisa menggelar acara musik dan menampilkan karya dari atas panggung, bisa mengikuti protokol kesehatan yang udah ditetapkan Pemerintah.

Penyanyi Dikta buka suara. Ia sangat mendukung surat suara tersebut yang ditujukan kepada Jokowi, guna memberikan akses lagi para pelaku event dan musisi mencari uang.

“Gini, itu surat itu isinya positif ya menurut saya, itu kan keluh kesah kita sebagai musisi, yang mau menghibur lagi dan mencari uang lagi,” kata Dikta ketika ditemui di kawasan Kemang, Jakarta, belum lama ini.

Bagi personil grup musik Yovie & Nuno itu merasa surat terbuka untuk Joko Widodo itu adalah suara dari hati para promotor, kru, hingga seniman musik yang ingin mencari uang lewat panggung off air.

“Karena kan pekerjaan kita itu dan pekerjaan kita berhubungan sama orang banyak, jadi menurut saya itu kaya uneg-uneg aja biar didengar sama pak presiden,” ucapnya.

Pria berusia 35 tahun tersebut menilai, jika dalam sebuah event, musisi nggak hanya menghibur dirinya sendiri. Tapi, mereka juga memberikan hiburan kepada penonton.

“Karena lahan kerjaan kita emang di situ, jadi uneg-uneg gimana caranya supaya kita tetep kerja tapi jaga protokol kesehatan, dan bisa tetep jaga kesehatan juga,” jelas pria bernama asli Pradikta Wicaksono.

Oleh karena itu, Dikta berharap Joko Widodo bisa memberikan tanggapan terkait surat terbuka yang dibuat para promotor, kru, hingga musisi Indonesia yang viral di instagram.

“Jadi itu kaya gimana dong pak, kerjaan kita di situ. Jadi berharap solusi atau apa,” ujar Dikta. (teks & foto : ryka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here