Bless The Knights
Bless The Knights

Dunia yang sudah tidak bersekat akibat digitalisasi ini tentu juga dimanfaatkan oleh segenap apara pelaku industri musik. Itu yang dijalankan oleh Bless the Knights, band progressive metal/djent asal Jakarta yang tak henti-henti melakukan aktivitas untuk melebarkan jangkauan pendengarnya via social media.

Kali ini, band yang digerakkan oleh gitaris Fritz Faraday (mrfritzfaraday) tersebut telah melepas sebuah komposisi baru bertajuk “Parallel Universe”, dimana ia melibatkan kontribusi dari Ed Garcia, gitaris dari band progressive metal/djent asal Brasil, Vitalism. 

Melalui press rilis yang diterima redaksi, Fritz menjelaskan tentang kolaborasinya dengan Ed sendiri yang sebenarnya berlangsung secara organik.

“Berawal dari pertemanan yang terjalin setelah Fritz memperdengarkan album “Dunamous” kepada Ed. Dan rupanya, Ed terkesan akan album tersebut. Akhirnya ngobrol-ngobrol sama doi dan malah dia yang bilang gimana kalo dia ngisi solo di salah satu lagu gue, dan ya jelas gue okein-lah,” seru Fritz.

Pembicaraan keduanya pun makin intensif dan ujung-ujungnya Fritz dan Ed sepakat untuk membuat lagu baru yang khusus mengakomodir gaya permainan Fritz dan Ed serta ekspektasi penggemar. Sayangnya, seiring berjalannya proses, Fritz terhadang bebagai kesibukan. Akhirnya, rencana rilis yang dibidik di November 2021, mundur ke Mei 2022 dengan mengeksplorasi salah satu lagu milik Fritz yang berjudul “Parallel Universe”.

Dibanding karya-karya Bless the Knights sebelumnya, Fritz meyakinkan bahwa komposisi dan permainan gitarnya secara teknis kini semakin matang. Bahkan Fritz juga merasa semakin lihai dalam merancang isian dram. Lalu untuk mendapatkan racikan tata suara yang lebih ‘nendang’, kali ini Fritz mempercayakan eksekusi pemolesan mixing kepada Gareth Hargreaves Recording di Australia.

Sementara dari sisi kontribusi Ed Garcia, ekspektasi Fritz juga terpenuhi. Tak lain dan tak bukan, ya ciri permainan solo gitar Ed yang sangat terdengar. “Ya emang kedengeran banget kok, ada (unsur) Latin-nya dan powerful picking dia berasa banget di solonya,” ujar Fritz puas.

Pada 23 Mei 2022 audio stream “Parallel Universe”  diperdengarkan pertama kali yang juga secara resmi masuk ke berbagai platform penyedia jasa dengar musik digital di hari yang sama. Setelah itu menyusul penayangan video musik “Parallel Universe” pada 27 Mei dan video guitar playthrough pada 3 Juni. (teks bell, foto: dok.Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here