Tandai 21 Tahun Bermusik, Andien Merilis Lagu Spesial Ini Secara Emosional

Tak terasa, lebih dari 21 tahun penyanyi solo asal Jakarta, Andien berkarya dalam hiruk pikuknya industri musik tanah air. Menandai hal ini, Andien merayakannya dengan merilis lagu berjudul Selamat Jalan Kekasih.

Lagu ini bisa dibilang cukup spesial, karena secara khusus diciptakan oleh mendiang Elfa Secioria, produser musik pertama Andien. Dan pada tahun 1999, lagu ini pertamakalinya dibawakan di ajang Shanghai Asian Music Festival.  

“Lagu ini sangat personal untukku dan aku ingin cerita lagu ini dapat diterima oleh pendengar,” ungkap Andien dalam press release yang diterima Lesehanmusik, Jumat (4/6).

Sementara penyanyi jazz yang pernah berakting di film Susah Sinyal (2017) ini mengungkapkan, butuh waktu lama, kekuatan dan mental yang cukup untuk bisa membawakan lagu ini kembali dimasakini.

“22 Tahun! Waktu yang terasa lama jika dijalankan, tapi mungkin belum cukup lama untuk mengilangkan rasa duka. Selama itulah aku harus menunggu sampai akhirnya aku siap merekam dan merilis lagu karya Alm.Elfa Secioria ini. Setelah Bang Elfa tiada, setiap kali aku membawakan lagu ini rasanya selalu berat…sedih,” tulis Andien dalam akun Youtube Andien Aisyah, yang disertai dengan video klip lagu tersebut.

“Sampai 22 tahun kemudian, aku baatu menyadari, misalkan aku tidak membawakan lagu ini sekarang, lagu ini tidak akan pernah ada di arsip musik Indonesia. Lagu selamat Jalan Kekasihku adalah sebuah warisan. Layaknya sebuah warisan, lagu ini adalah pengingat untuk kita semua, bahwa cinta memiliki bentuknya sendiri. Perpisahan hanya sebuah kejadian yang tidak akan mengilangkan apa arti cinta,” sambungnya.

Untuk menghadirkan lagu ini Andien bekerja sama dnegan Ifa Fachir untuk mengaransemen lagu nya terdengar kekinian juga Bowo ‘Soulmate’ dikendali vokal. Lagunya sendiri memiliki makna tentang kondisi manusia yang seringkali kita terjebak dalam masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan sehingga melewatkan banyak kejadian di masa kini.

Sementara jejak karya spesial ini, dilengkapi Andien dengan menjadikannya sebuah film pendek musik dengan judul yang sama. Dan sang sahabat, Tompi dipercaya untuk menyutradarai film pendek dan video musik dari lagu tersebut.

“Menurutku Tompi adalah seorang storyteller andal yang bisa mengelaborasikan makna dari lagu Selamat Jalan Kekasihku ke dalam bentuk baru” ujarnya.

“Aku harap melalui lagu dan film pendek musik ini kita bisa kembali teringat bahwa waktu yang kita miliki hanya sekarang dan itu sangat berharga.” tutup Andien. (ryka / foto : dok.Sabs Media)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here