3 Lagu Maudy Ayunda Ini Ungkap Tentang Ketegaran Seorang Wanita

Sepulangnya ke Tanah Air usai mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang, penyanyi muda Maudy Ayunda bergerak cepat untuk merilis beberapa karya lagunya. Terhitung sejak 2017 lalu, Maudy sudah merilis tiga single di bawah naungan labelnya Trinity Optima production. Menariknya, semua lagunya menunjukkan bagaimana para wanita bisa tegar dalam situasi yang penuh tekanan.

Semua lagu yang dirilis tersebut merupakan bagian dari pelengkap Extended Play atau EP-nya, “The Hidden Tapes Vol. 1” yang dirilis akhir September lalu. Ketiga single tersebut terdiri dari ‘Don’t Know Why’, ‘Not For Us’, serta ‘Heartless’ yang ditulis dalam bahasa Inggris.

“Three different stories, three songs, but almost every personality of the girl behind these adalah perempuan yang menerima, menegur, dan empowered. Ini adalah ekspresi dari patah hati but she’s in control and she holds the narrative,” jelas Maudy Ayunda.

1. Don’t Know Why (Juli 2021)

“Don’t Know Why” adalah lagu easy listening yang musiknya didominasi oleh alunan gitar akustik dan piano. Lewat lagu ini, Maudy Ayunda ingin mengubah pola pikir atau cara berpikir banyak orang, terutama kaum perempuan.

“Single ini berkisah tentang seseorang yang tiba-tiba mati rasa pada hubungannya dan dia bingung bagaimana caranya dia menyampaikan hal itu pada pasangannya. Ini adalah ekspresi patah hati, tapi perempuan ini bisa mengontrolnya,” jelas Maudy Ayunda.

“Terlalu banyak lagu tentang putus cinta yang bercerita tentang powerlessness atau kegalauan dan ketidakberdayaan. Aku pikir, ini saat yang tepat untuk aku mengingatkan bahwa kita sebagai perempuan punya kekuatan untuk mendesain jalan hidup dan kisah cinta kita,” tambahnya.

2. Not For Us (Agustus 2021).

Setelah merilis “Don’t Know Why”, Maudy Ayunda kini mempersembahkan single keduanya yang yang berjudul “Not For Us”. Single ini masih berhubungan dengan “Don’t Know Why” yang bercerita tentang mati rasa dalam sebuah hubungan.

Melalui keterangan resminya yang diterima Indozone, lagu “Not For Us” menceritakan tentang seseorang yang sadar bahwa hubungannya dengan pujaan hati tidak akan berlangsung selamanya. Didominasi oleh permainan piano yang sendu, lagu ini juga merupakan bentuk penerimaan bahwa orang tersebut dan sang kekasih tidak akan bisa terus bersama.

“Jadi, bukan cerita tentang perempuan yang diputusin terus nangis atau perempuan yang enggak berdaya dalam situasi kegalauan, but someone who is able to express her feelings and describe heartbreak as something that is matter a fact. Ini adalah fakta kehidupan. Patah hati itu bukan hanya ending, tapi juga represent new beginnings,” lanjutnya.

3. Heartless (September 2021)

Setelah merilis dua single, akhir September lalu Maudy Ayunda merilis meluncurkan single ke-3 bertajuk “Heartless”. Perilisan ini sekaligus pelengkap Extended Play atau EP-nya, “The Hidden Tapes Vol. 1”.

“Heartless” merupakan sebuah lagu yang bercerita tentang luapan perasaan yang tegas akan sikap dan hubungan yang disconnected. Bagaimana seorang perempuan yang rentan berlaku jujur pada dirinya sendiri.

“Lagu ini menceritakan patah hati karena pasangan yang tidak peka. Tapi, di satu sisi, it is a portrayal of a powerful character of the woman behind the story. “Heartless” punya benang merah dengan lagu “Don’t Know Why” dan “Not For Us”, yaitu sama-sama tentang heartbreak dan di setiap lagunya memiliki fase heartbreak-nya masing-masing dengan angle yang berbeda-beda,” kata Maudy melalui keterangan resminya. (Mycroft / foto : dok.IG @maudyayunda)

Related Article

Latepost

Event Highlights