Momentum Ramadhan selalu menjadi fase tersendiri dimana musisi menampilkan keandalannya dalam meracik lagu bernuansa religi atau tema yang spesifik. Ada yang memang lagunya terkait dengan Ramadhan hingga Lebaran. Ada juga yang nuansanya kental dengan vibe religius. Semoga saja, bukan hanya “sekedarnya”. Tapi bisa memberikan inspirasi baik bagi si peracik, si pelantun maupun pendengarnya. Selamat berpuasa Lesmuser! (nckgl)

Solasee

Dari Khotbah Jumat, Jadi ‘Di Balik Langit’

Band yang belum lama memulai debut musikalnya ini, memperkenalkan materi lagunya lewat konsep musikal yang bernuansa religi. Kelompok musik yang digawangi oleh Adi (gitar/vokal), Kiki (bas), dan Yogi (drum) melepas nomor berjudul lagu berjudul “Di Balik Langit” dalam balutan musik rock yang dominan.

dok.solasee

Konon kabarnya lagu ini terinspirasi saat momen sang vokalis mendengar khutbah Imam Masjid ketika ingin melaksanakan Shalat Jumat. Dimana dalam khutbahnya mengisahkan setiap manusia atau makhluk hidup lainnya di Dunia ini pada akhirnya akan mengalami kematian.

“Idenya, pas lagi dengar khutbah Jumat, yang membahas tentang surah Ali Imran ayat 145 dan An-Nisa ayat 78,” ungkap Adi. “Mengingatkan setiap yang bernyawa di Dunia ini, pasti akan merasakan kematian,” tutupnya.

Tasha Bouslama

Arabian Vibe Dalam Lagu Habibi

Penyanyi pendatang baru, Tasha Bouslama, terus memperkenalkan materi-materi musikalnya ke skena musik lokal. Dalam Ramadhan 2024 ini, diantara rilisan yang tengah dipromosikannya, yakni lagu Yang Tak Mungkin Kembali, Tasha menyisipkan nomor anyar dengan vibe Arabic song yang cukup dominan. Lagu tersebut berjudul Habibi dikemas dalam frame musik pop bertempo upbeat.  

dok.dumeca records

Lagu yang ditulisnya sendiri ini mengisahkan seorang perempuan yang telah mengubur perasaan cintanya dan percaya bahwa hamper tidak mungkin baginya untuk jatuh cinta lagi. Namun pandangannya berubah ketika seorang pria misterius memasuki hidupnya dan menyulutnya kembali tentang kekaguman cinta.

Ungu

Jaga Tradisi, Rilis 1 Lirik Untuk 2 Lagu Berbeda Vibe

Dedengkot musik pop Indonesia, lagi-lagi konsisten dalam menghadirkan lagu-lagu bernuansa religi. Dalam menjaga tradisi dengan lagu religi, Ungu pun tak melewatkan momentum Ramadhan 2024 untuk merilisnya. Dua judul sekaligus dirilisnya kali ini, yakni Baik dan Burukmu yang dirilis lebih dulu. Disusul lagu berjudul Tuhan yang Tahu.

dok.ist

Dua lagu ini digabung dalam sebuah EP berjudul Baik dan Burukmu, Tuhan Yang Tahu. Kedua lagu ini pun memiliki lirik yang sama. Namun secara output aransemennya berbeda vibe. Lagu Baik dan Burukmu diaransir lebih lambat dengan mood yang slow. Sementara lagu Tuhan Yang Tahu dihadirkan dalam beat yang lebih cepat, vibe yang cerita dan semangat.

“Dua karya ini wajib rilis dalam waktu yang berdekatan agar pesan dari masing-masing lagu dan video klip tersampaikan dengan cara yang unik,” ucap Oncy. “Kami tak ada maksud menggurui, tapi kami ingin sharing soal pesan inti dari dua lagu terbaru kami. Yang mana, masing-masing dari kami juga pernah mengalami hal tersebut,” tutup Enda.

Marizka Juwita

Ada Sentuhan Jawa ‘Maliq & D’Essentials’ dan Tohpati Dibalik ‘Rebahkan Hati’

Perdana banget! Penyanyi cantik Marizka Juwita melepas single dengan vibe yang cukup religius di balik nomor Rebahkan Hati. Sebuah lagu yang menyemarakan Ramadhan 2024, mendapat sentuhan manis dari Adis Putra, Jawa ‘Maliq & D’Essentials’ dan Tohpati. Output-nya menjadi lagu yang cukup calm dan indah.

dok.marizka juwita

Lagu Rebahkan Hati mengungkap tentang kita sebagai manusia mengingat kebesaran-Nya, terlebih ketika semua permasalahan di dunia hanyalah ujian dan godaan semata. Kita harus ingat bahwa dunia ini hanya sementara dan kesenangan dunia seringkali menenggelamkan kita. Dengan mengingat keberadaan-Nya dan memohon ampun kepada-Nya, hati kita akan merasa lebih tenang. Sebab, janjiNya adalah pasti.

Menurutnya kisah ini diambil dari pengalamannya, juga dari ayat-ayat Al-Qur’an yang telah menginspirasinya.

Opick

Pop dan Easy Listening Dalam ‘Tersenyumlah’

Dengan identitas yang dimilikinya, sebuah hal lumrah bagi Opick merilis lagu religi ketika Ramadhan hadir di setiap tahunnya. Di Ramadhan 2024 ini, Opick kembali merilis lagu berjudul Tersenyumlah. Sebuah lagu yang dihadirkan lebih nge-pop dan lirik yang sederhana namun sarat akan makna. Opick mencoba menyampaikan kata-kata penyemangat melalui lagu ini untuk selalu memprioritaskan Allah dan tetap berbuat baik dalam segala musim kehidupan kita terutama di dalam keadaan titik terendah sekalipun. 

dok.forte records

Opick berharap lagu ini bisa menginspirasi para pendengarnya untuk terus berbuat yang terbaik sehingga kita bisa kembali tersenyum. Dan ‘Tersenyumlah’ merupakan salah satu cara yang sederhana namun nyata untuk menunjukkan bahwa jika kita selalu bersyukur kepada Allah baik dalam situasi dan kondisi apapun.

Budi Doremi

Bukan Lagu Religi, Tapi Lagu Ramadhan Penuh Cinta

Untuk pertama kalinya solois kondang Budi Doremi melepas lagu dalam nuansa Ramadhan yang amat kental. Lagu ini diberi judul Ramadhan Penuh Cinta. Budi mempertegas bahwa lagu yang diciptakannya bukan lagu religi. Karena baginya dalam kerelijian ada dimensi yang lebih luas. Jadi cukup disebutkan sebagai lagu Ramadhan.

dok.budi doremi

Ramadhan Penuh Cinta dimaknai pelantun hits Melukis Senja ini sebagai Rahmah Allah SWT yang sangat luas. “Kasih sayang Allah SWT-lah yang justru lebih dulu meliputi kita. Jadi lewat lagu ini, sebagai manusia ciptaan-nya, selain beribadah, kita juga bisa bersenang-senang dengan cinta kasih dan sayang dari Gusti Allah yang melimpah ruah di bulan Ramadhan,” ujarnya.

Budi berharap lewat lagu Ramadhan Penuh Cinta para penikmat musik dimanapun bisa merasa lebih seru menyambut dan menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Karena Ramadhan yang penuh cinta, akan lebih seru dijalankan bersama-sama.

Lesti Kejora

Peran Besar Rizky Billar Dalam Mencintaimu Karena Allah

Penyanyi Dangdut Lesti Kejora ikut memeriahkan Ramadhan 2024 lewat rilisan lagu religi terbarunya yang diberi judul Mencintaimu Karena Allah. Menariknya, lagu ini diracik langsung oleh sang suami, Rizky Billar. Tanpa pikir panjang, lagu dengan vibe musik pop grande ini langsung membuat kepincut Lesti saat diperkenalkannya.

dok.IG @lestikejora

“Dari sejak pertama kali dengar ciptaan kakak ini, aku langsung bilang, pokoknya dedek mau yang nyanyiin. Jangan kasih ke orang lain, kalau dikasih ke orang dedek ngambek”, ungkap Lesti mengenang awal lagu ini diperdengarkannya.

Untuk melengkapi lagunya, Rizky Billar pula yang mendirect langsung visual klipnya. Mengambil lokasi syuting di Arab Saudi, Lesti dan Rizky ingin menyampaikan pesan yang ada dibalik audio visualnya. Dimana Mencintaimu Karena Allah memiliki makna begitu mendalam dalam kehidupan banyak manusia dalam memupuk rasa cinta kasih.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here