Acara Press Conference Prambanan Jazz 2024

Tak terasa hajatan Prambanan Jazz memasuki satu dekade ditahun 2024 ini. Untuk merayakan moment tersebut, Rajawali Indonesia selaku penyengara berencana akan menghidangkan pertunjukkan yang spektakuler.  Salah satunya adalah memboyong AR Rahman, penyanyi sekaligus pencipta lagu asal India dalam special show pada 6 Juli mendatang . AR Rahman adalah pencipta lagu “Jai Ho” soundtrack film Slumdog Millionaire dan “Chaiyya Chaiyya”. Pria yang dijuluki sebagai Mozart dari Madras ini juga penerima penghargaan Grammy Awards dan Oscar.

“Menghadirkan AR Rahman di panggung Prambanan Jazz adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, bukan sekadar pertunjukan musik, tapi ini adalah peristiwa penting kebudayaan. “Saya berhasil meyakinkan agent AR Rahman hanya main di Prambanan Jazz Festival tanpa di kota atau negara lain. Kami korespondensi hampir satu tahun,” kata Anas Alimi dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Tidak hanya AR Rahman, sejumlah line up siap ditampilkan dalam pertunjukkan yang digelar selama tiga hari tersebut. Hari pertama akan diisi RAN, Yura Yunita, Nadin Amizah, JKT48 hingga Calvin Jeremy. Di hari kedua, akan ada Maliq & D’essentials, Indra Lesmana ft Eca Celia, Kunto Aji, Sal Pribadi, Nonaria hingga Panbers. Berlanjut di hari terakhir, hadir Tulus, Kahitna, Ardhito Pramono, Trisum, KIM (Arsy Widianto, Rachel Rae dan Gusti Pratama. Akan hadir pula bintang tamu internasional special show Queen at the Opera.

Tiket untuk menonton Special Show AR Rahman dibanderol mulai harga Rp 900 ribu hingga Rp 5 juta. Sedangkan Tiket regular Prambanan Jazz kini sudah bisa didapatkan melalui aplikasi traveloka yang dibuka mulai harga Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Dalam jumpa pers tersebut, Anas puna ingin meyakinkan bahwa kedatangan AR Rahman sesuai dengan pasar musik India di Indonesia karena ada sekitar 3,5 juta penduduk Indonesia keturunan India. Sehingga bisa menjadi ajang promosi terbaik untuk Indonesia.

Berda sarkan hasil risetnya juga, founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia ini menyebutkan jika AR Rahman sempat mengadakan konser tunggal di Stadion Bukit Jalil, Malaysia pada Januari 2023 dengan jumlah 63.000 penonton. Konsernya hanya kalah dari Coldplay dan Siti Nurhalizah.

Selain itu, background Candi Prambanan yang menjadi daya tarik Prambanan Jazz juga dinilai Anas memiliki irisan dengan AR Rahman yang berasal dari India.

“Saya melihat bahwa ada irisan budaya yang sangat kental antara India dengan Candi Prambanan,” tutup Anas. (teks: fan, foto: dok ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here