Rapper wanita legendaris Yacko kini menjabat sebagai Program Director FLAVS Festival 2021. Festival musik yang bermain diranah Hip Hop, Soul dan R&B mengatakan, akan dihadiri oleh banyak talenta berbakat musisi Indonesia. Bahkan talenta-talenta musik tersebut mewakili empat generasi yang ada dan datang dari berbagai penjuru daerah di nusantara. 

“Line up FLAVS tahun ini lebih bervariasi menampilkan musisi dari berbagai generasi. Sudah  saatnya mereka mendapatkan rumah yang sama untuk menampilkan musik mereka sehingga  penonton pun akan teredukasi bahwa musisi-musisi hip hop, soul, r&b di Indonesia sebenarnya sangat banyak dan bisa ditemukan dari Sabang sampai Merauke dengan ciri  khasnya masing-masing,” ujar Yacko selaku Program Director, berdasarkan keterangan resminya yang diterima Lesehanmusik baru-baru ini. 

Upaya FLAVS untuk meregenerasi talenta-talenta musik baru menjadi bagian penting dari  tema utama “The Seeds”. Melalui tema ini, FLAVS turut menghadirkan penampil musisi muda  antara lain pemenang FLAVS NU ICON 2021: Busnior x Windi, Negatif1, Fandawwaw  Fandowwow, VGT Remco with DJ Dice.

Selain itu hadir pula musisi-musisi muda bersinar saat  ini, yaitu Kaleb J, KIM!, Morad, Reikko with The Akar yang tergabung dalam New Breed  Project. Tak hanya itu, FLAVS akan menghadirkan sebuah pertunjukan musik orkestra Symphony From Hell yang ditampilkan oleh para punggawa hip hop, soul, r&b tanah air, seperti: DPMB, Gantazz, Iwa K, Mario Zwinkle, Mellyana Manuhutu, Nova Ruth, Sade Susanto  ft. Al Smith, Wizzy ft. Matter Mos, Xaqhala, Yacko.

Di fase final line up FLAVS Festival telah mengumumkan sejumlah nama-nama penampil yang  sudah tidak asing di telinga kita, antara lain: Raisa seorang diva pop terbaik Indonesia ini  secara spesial akan menampilkan konsep aransemen R&B di FLAVS Festival 2021, Ramengvrl rapper perempuan paling bersinar masa kini di Indonesia, Jogja Hip Hop Foundation unit hip  hop asal Jogjakarta pemusik beat gamelan yang kerap menggunakan bahasa jawa, grup musik  trio RAN. 

Hadir pula penampilan A. Nayaka, Ben Utomo, Rayi Putra ft. DJ Ride dari DefJam Indonesia, Pandji Pragiwaksono seorang stand-up comedian yang diketahui mengawali  karirnya sebagai seorang rapper melalui album Provocative Proactive, Zero One kolektif hip  hop legendaris asal Jakarta ini siap menggemparkan panggung dengan reuni ke-13  anggotanya di FLAVS Festival, serta St Loco band hip hop rock legendaris. Agil  Gabagababeatz, Annelyze, Audrey Tapiheru, Bilal Muhammad, Ecko Show, Ecoutez!,  Impartairial, Jesicca Janess, Qorygore, Rizky Febian, The Lunchbreak Session, serta Vidi  Aldiano juga dipastikan akan memberikan penampilan terbaiknya di FLAVS Festival 2021. 

Bukan FLAVS bila tak henti memberikan kejutan spesial. Kali ini FLAVS menghadirkan 360  panoramic journey visual interface, yaitu tampilan suasana 3D yang dapat dioperasikan 360°  di layar laptop/komputer penonton saat menikmati FLAVS. Terlebih pemegang tiket Home Weekend Party nantinya dapat berinteraksi secara visual dengan penampil, sehingga  penonton dapat menikmati pengalaman festival virtual serasa menyaksikan festival offline.  Pertunjukan FLAVS akan disiarkan secara langsung dan simultan dari panggung utama:  Bounce Stage, Rhyme & Grind Stage, Boombox Stage, dan Downtown Cypher, serta satu live graffiti room. So check this out on virtual, 30 dan 31 Oktober 2021!

Sejalan dengan kredo FLAVS di tahun 2021 “Where every seed creates diverse stories and  sounds”, menjamin pertunjukan acara lebih variatif dari tahun sebelumnya. Peserta kompetisi dan pengisi acara datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Semarang Aceh, Jayapura,  Majalengka, Bandung, Jogjakarta, Kaimana (Papua Barat), Manado, Gorontalo, dan lain-lainya. Hal ini semakin menancapkan fakta bahwa unsur budaya hip hop, soul, r&b dan sudah bersilang  dengan budaya Indonesia, tanpa menghilangkan nilai-nilai ke-Indonesia-an yang ada. (Mycroft / foto: ig @itsyacko)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here